Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan mind-map-book ikatankimia untuk membangun konsep awal melalui belajar mandiri siswa SMA/MAdan menentukan kualitas produk yang telah dikembangkan. Model pengembanganyang digunakan adalah model ADDIE, yang diadaptasi menjadi 4 tahap dari 5tahap yang ada. Produk awal media diberi masukan oleh dosen pembimbing, peerreviewer, ahli materi, dan ahli media, untuk selanjutnya dilakukan revisi.Instrumen penilaian kualitas produk berupa angket berisi 5 aspek, yang dijabarkandalam 27 indikator penilaian. Kualitas produk ditentukan berdasarkan penilaianoleh 5 guru kimia di Kabupaten Bantul. Produk mind-map-book ikatan kimiauntuk membangun konsep awal melalui belajar mandiri siswa SMA/MAmempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan skor rata-rata (X????) 112,2 dari skormaksimal 135. Skor tersebut berada pada kriteria sangat baik, yaitu X???? 110,4.Oleh karena itu, produk ini layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa.
Copyrights © 2017