Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 6, No 1 (2017): Volume 6 No 1 Tahun 2017

PENGEMBANGAN MIND-MAP-BOOK IKATAN KIMIA UNTUK MEMBANGUN KONSEP AWAL MELALUI BELAJAR MANDIRI SISWA SMA/MA

Suryanto Suryanto (Unknown)
Heru Pratomo Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan mind-map-book ikatankimia untuk membangun konsep awal melalui belajar mandiri siswa SMA/MAdan menentukan kualitas produk yang telah dikembangkan. Model pengembanganyang digunakan adalah model ADDIE, yang diadaptasi menjadi 4 tahap dari 5tahap yang ada. Produk awal media diberi masukan oleh dosen pembimbing, peerreviewer, ahli materi, dan ahli media, untuk selanjutnya dilakukan revisi.Instrumen penilaian kualitas produk berupa angket berisi 5 aspek, yang dijabarkandalam 27 indikator penilaian. Kualitas produk ditentukan berdasarkan penilaianoleh 5 guru kimia di Kabupaten Bantul. Produk mind-map-book ikatan kimiauntuk membangun konsep awal melalui belajar mandiri siswa SMA/MAmempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan skor rata-rata (X????) 112,2 dari skormaksimal 135. Skor tersebut berada pada kriteria sangat baik, yaitu X???? 110,4.Oleh karena itu, produk ini layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...