ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui perbedaan prestasi belajar kimia antara pesertadidik yang menggunakan Chems Games dengan peserta didik yang tanpa menggunakan ChemsGames pada kelas XI semester 1 SMA Negeri 5 Yogyakarta, (2) mengetahui perbedaan motivasibelajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan Chems Games pada kelas XIsemester I SMA Negeri 5 Yogyakarta, dan (3) mengetahui perbedaan motivasi belajar kimia antarapeserta didik yang menggunakan Chems Games dengan peserta didik yang tanpa menggunakanChems Gamespada kelas XI semester I SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalamQuasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Metode ini mempunyaikelas kontrol yang tidak ditentukan secara random/acak. Populasi penelitian ini adalah peserta didikkelas XI semester 1 SMA Negeri 5 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 177 orangyang terbagi dalam 6 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelaseksperimen berjumlah 27 orang dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol berjumlah 29 orang.Instrumen yang digunakan adalah soal prestasi belajar dan angket motivasi belajar. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didikyang menggunakan Chems Games berdasarkan hasil uji Anakova 1-jalur. (2) ada perbedaanmotivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan Chems Games berdasarkanhasil uji-t sama subjek. (3) ada perbedaan motivasi belajar kimia yang menggunakan Chems Gamesberdasarkan hasil uji-t antar kelompok.Kata kunci: Chems Games, prestasi belajar, dan motivasi belajar.
Copyrights © 2018