Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan kontekstual terhadap minat dan prestasi belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Yogyakarta. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VIIIB yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA yang diberikan pembelajaran secara konvensional sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur prestasi belajar siswa yang terdiri dari soal pretest dan posttest dan instrumen nontes yang berupa angket untuk mengukur minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematikan dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari minat belajar siswa SMP, 2) pemebelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa SMP, 3) pembelajaran matematika secara konvensional efektif ditinjau dari minat belajar siswa SMP, 4) pembelajaran matematika secara konvensional efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa SMP, 5) pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari minat belajar siswa SMP, 6) pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan pembelajaran matematika secara konvensional ditinjau dari prestasi belajar siswa SMP.
Copyrights © 2016