Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika

EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA

Junianto Junianto (Unknown)
Ali Mahmudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan kontekstual terhadap minat dan prestasi belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Yogyakarta. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VIIIB yang diberikan  pembelajaran dengan pendekatan kontekstual sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA yang diberikan pembelajaran secara konvensional sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah  instrumen  tes  untuk mengukur    prestasi belajar siswa  yang  terdiri dari soal  pretest  dan posttest  dan instrumen  nontes  yang  berupa angket untuk mengukur  minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematikan dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari minat belajar siswa SMP, 2) pemebelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa SMP, 3) pembelajaran matematika secara konvensional efektif ditinjau dari minat belajar siswa SMP, 4) pembelajaran matematika secara konvensional efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa SMP, 5) pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan pembelajaran  konvensional ditinjau dari minat belajar siswa SMP, 6) pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan pembelajaran matematika secara konvensional ditinjau dari prestasi belajar siswa SMP.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...