Kurangnya ketersediaan ruangan praktikum dan alat-alat laboratorium yang memadai peserta didik dan guru tidak dapat melakukan praktikum dan memperoleh pengalaman melalui rangkaian proses pembuktian-pembuktian ilmiah dalam pembelajaran biologi di laboratorium. Laboratorium virtual merupakan laboratorium yang berbentuk perangkat lunak(softwar) komputer yang berbasis multimedia interaktif yang dioperasikan dengan menggunakan komputer dan dapat mensimulasikan kegiatan di laboratorium sehingga pengguna seakan-akan berada di laboratorium sebenarnya dan membantu proses pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran pada lembaga Pendidikan dengan fasilitas laboratorium yang kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap peningkatan hasil belajar biologi peserta didik MAS Muhammadiyah Nangahure. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA dengan jumlah 23 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design berupa Design One Group Pretest Dan Postest. Setelah data berdistribusi normal dan homogen, dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t berpasangan (sample paired t-tes) dan diperoleh < (54.238 < 1,717), yang berarti ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi materi evolusi.
Copyrights © 2023