Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 4 No 2 (2024): JAMSI - Maret 2024

Pelatihan Pemasaran Digital dan Branding sebagai Upaya untuk Meningkatkan Penjualan Produk Usaha di Desa Pulosari

Ratih Hendayani (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas ekonomi dan Bisnis, Telkom University, Indonesia)
Adhi Prasetio (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas ekonomi dan Bisnis, Telkom University, Indonesia)
Maya Ariyanti (Megister Majemenen, Fakultas ekonomi dan Bisnis, Telkom University, Indonesia)
Dwi Fitrizal Salim (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas ekonomi dan Bisnis, Telkom University, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

Perkembangan pesat dalam dunia usaha dan pasar global memicu tuntutan akan pemahaman yang mendalam terhadap strategi pemasaran dan branding. Kehadiran potensi sumber daya lokal dan produk unggulan di Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, membuka peluang besar bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya. Namun, terbatasnya pengetahuan dan keterampilan dalam pemasaran serta kurangnya upaya branding menjadi kendala utama dalam mengoptimalkan potensi tersebut. Pelatihan strategi pemasaran dan branding yang diselenggarakan untuk Karang Taruna atau pemuda di Desa Pulosari guna memperluas wawasan mereka tentang kebutuhan pasar, mengembangkan rencana pemasaran yang efektif, dan meningkatkan daya saing produk. Diharapkan bahwa melalui pemahaman yang lebih baik mengenai strategi ini, produk-produk lokal mampu menjangkau pasar yang lebih luas, baik di tingkat lokal, regional, maupun global, serta mendorong pertumbuhan ekonomi secara signifikan. Setelah pelatihan, terjadi perkembangan signifikan dalam pemahaman peserta terkait pemasaran digital dan branding. Evaluasi menunjukkan peningkatan yang kuat pada pengetahuan tentang strategi pemasaran digital dan kampanye pemasaran. Ada juga peningkatan dalam memahami fungsi platform digital untuk usaha dan strategi branding. Pelatihan ini pun akan memberikan dampak sosial positif dengan membangun keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan inovasi pada pemuda desa, yang diharapkan menjadi agen perubahan dalam pengembangan ekonomi lokal serta memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas di antara anggota Karang Taruna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...