Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) terdaftar di LIPI dengan P-ISSN : 2807-6605 dan E-ISSN : 2807-6567. Selain itu, JAMSI terdaftar di Crossref dengan DOI : https://doi.org/10.54082/jamsi.idpaper Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) dipublikasikan dua bulan sekali, yaitu pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, dan November. Semua penerimaan naskah akan diproses secara double blind review oleh mitra bestari.
Articles
919 Documents
Membangun Sumber Daya Manusia Berkarakter Melalui Webinar Carier Bagi Pemuda Gereja GBI Miracle Service Helvetia Medan
Harlen Simanjuntak;
Elza Leyli Lisnora Saragih
Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JAMSI - September 2021
Publisher : CV Firmos
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (319.152 KB)
|
DOI: 10.54082/jamsi.1
Pandemic Covid 19 telah memberikan dampak terhadap sektor perekonomian di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Kondisi ini secara langsung ataupun tidak memberikan dampak terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan yang jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah pelamar sehingga persaingan akan semakin ketat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memperlengkapi soft skill pemuda GBI Miracle Medan kelompok pra alumni ataupun alumni tingkat SMA maupun Pergurun Tinggi yang sedang mencari pekerjaan agar mereka dapat bersaing dengan para pelamar lainnya. Kegitan ini berupa Webinar Carier dengan tema Membangun SDM berkarakter dan berkualitas melalui pelatihan penulisan surat lamaran kerja dan trik menghadapi wawancara kerja. Peserta pelatihan adalah pemuda jemaat GBI Miracle Service Helvetia Medan yang dilaksanakan pada 28 Desember 2020. Mengingat situasi pandemic yang terjadi pad saat ini , maka kegiatan dilaksanakan secara online dalam bentuk webinar carier. Adapun hasil kegiatan ini adalah para pemuda gereja GBI memiliki SDM berkarakter dan dapat menulis surat lamaran kerja yang baik serta mampu menghadapi wawancara kerja.
Aksi Sosial Pembersihan Lingkungan Di Kelurahan Lebak Bulus Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan
Lativa Qurrotaini;
Adiyati Fathu Roshonah;
Lidiyatul Izzah
Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JAMSI - September 2021
Publisher : CV Firmos
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (407.205 KB)
|
DOI: 10.54082/jamsi.2
Wilayah Cilandak merupakan wilayah yang strategis, konsekuensi yang ditimbulkan dari hal tersebut, akan memunculkan volume dan jenis sampah yang dihasilkan. Hal ini merupakan satu permasalahan yang dialami di daerah Cilandak. Oleh karenanya, melalui kegiatan ini tim kami bersama mitra telah melakukan pengumpulan dan pengelolaan sampah lebih lanjut sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Solusi yang telah tim kami bersama mitra lakukan untuk mengatasi persoalan yang ada. Satu, mulai dari lingkungan rumah. Hal paling sederhana yang bisa dilakukan adalah mengajak serta masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan menjaga kebersihan rumah dan halaman. Dua, hal penting lainnya yaitu selalu rutin membiasakan gotong royong sesama warga untuk membersihkan lingkungan sekitar. Tiga, memisahkan jenis sampah. Menggunakan jenis tong sampah yang berbeda untuk sampah organik dan non organik adalah hal yang baik. Metode yang digunakan yakni menerapkan langkah-langkah dalam melaksanakan solusi yang telah tim lakukan bersama mitra untuk mengatasi permasalahn mitra. Hasil dari kegiatan ini yaitu berupa aksi sosial yang dilakukan untuk membersihkan lingkungan wilayah Cilandak untuk mengurangi penumpukan sampah Kegiatan tersebut berlangsung untuk mengatasi persoalan sampah dan menghasilkan wilayah Cilandak yang bersih dan pengelolaan sampah teratasi dengan baik.
Sosialisasi Reduce, Reuse, Recycle (3R) Berbasis Lingkungan Masyarakat Di Tengah Pandemi Melalui Media Sosial
Lativa Qurrotaini;
Aida Sumardi;
Lidiyatul Izzah;
Mas Roro Diah Wahyu Lestari;
Pratiwi Kartika Sari;
Ika Yulianingsih
Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JAMSI - September 2021
Publisher : CV Firmos
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (568.235 KB)
|
DOI: 10.54082/jamsi.3
Permasalahan Lingkungan di Lokasi Mitra yaitu di wilayah Ciputat Timur terdapat beberapa masalah, yaitu (1) Kurangnya kesadaran pihak penghasil sampah, (2) Kurang pemahaman mengenai dampak negatif pembuangan sampah yang tidak diolah (seperti hanya menyampurkan semua sampah menjadi 1 plastik) dan (3) Kurangnya tempat pembuangan yang mengedukasi 3R di lingkungan rumah, sarana umum dan tempat umum lainnya. Untuk mengatasi persoalan tersebut maka diperlukan adanya kerja sama antara pihak daerah setempat yg digerakkan untuk menyediakan tempat seperti bank sampah (sebagai feedback dari pengolahan sampah ke industri ibu rumah tangga). Solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan sosialisasi Reduce, Reuse dan Recycle berbasis masyarakat secara daring karena pelaksanaannya pada saat pandemic. Metode pelaksanaannya yaitu menggunakan langkah reduce, Reuse dan Recycle. Kegiatan sosialisasi 3R tersebut dilaksanakan di Jl. H. Juanda, Ciputat Timur, Tangerang Selatan Provinsi Banten. Dalam kegiatan tersebut memberikan arahan dan pengetahuan dengan mensosialisasikan kegiatan. Hasil yang diperoleh yaitu dapat memberikan edukasi tentang pengelolaan sampah sekaligus mengajarkan kepada warga cara mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat.
Pengelolaan Manajerial UMKM masa Pandemi di Dusun Grogol IX, Parangtritis, Kretek, Bantul
Lusia Tria Hatmanti Hutami;
Uum Helmina Chaerunisak;
Dimas Juan Rosady;
May Yesti Trivita
Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JAMSI - September 2021
Publisher : CV Firmos
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (359.751 KB)
|
DOI: 10.54082/jamsi.4
Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan pelaku UMKM khususnya di dusun Grogol IX, Parangtritis, Kretek, Bantul. Masyarakat Dusun Grogol IX khususnya ibu-ibu banyak diantaranya merupakan para pelaku UMKM. Maka dari itu setelah melakukan survei tentang situasi dan kondisi dapat disimpulkan bahwa para pelaku UMKM membutuhkan edukasi dan pengetahuan tentang pengelolaan UMKM. Tujuan kegiatan ini yaitu menjelaskan mengenai strategi pemasaran digital dan pengeloaan keuangan UMKM dalam masa pandemi. Metode yang dilakukan yaitu dengan ceramah, diskusi dan pendampingan yang dilakukan secara online melalui video YouTube yang telah disediakan. Materi yang disampaikan pada pengabdian masyarakat ini yaitu strategi pemasaran digital dan pengeloaan keuangan UMKM dalam masa pandemi. Hasil dari kegiatan ini adalah strategi pemasaran digital yang menyeluruh dan pengelolaan keuangan UMKM dalam masa pandemic dapat menjadi sumber referensi oleh peserta. Pemaparan dari pemateri mendapatkan respons yang positif dan mudah diaplikasikan pada bisnis UMKM ibu-ibu di dusun Grogol IX, Parangtritis, Kretek, Bantul.
Pelatihan Penggunaan Aplikasi Marketplace pada Pelaku UMKM Desa Melung Sebagai Media Pemasaran Online
Dinar Mustofa;
Surya Atmaja;
Nadila Al Azhar
Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JAMSI - September 2021
Publisher : CV Firmos
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (378.686 KB)
|
DOI: 10.54082/jamsi.10
Pemerintah Indonesia saat ini sedang mendorong para pelaku UMKM untuk berkembang sehingga dapat menambah kontribusi pendapatan nasional dan juga dapat menyediakan lapangan pekerjaan terutama untuk masyarakat sekitarnya. Marketplace merupakan salah satu pasar online di internet yang dapat dimanfaatkan sebagai media untuk berjualan online. Hal ini dapat memperluas pasar dan juga menekan biaya operasional untuk para pelaku usaha, sehingga para pelaku usaha dapat memperoleh keuntungan lebih maksimal. Penggunaan marketplace saat ini sangat mempermudah baik pelaku usaha maupun konsumen untuk bertransaksi. Transaksi dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun selama ada koneksi internet. Desa Melung merupakan salah satu desa yang memiliki ciri khas tersendiri, beberapa produk yang dihasilkan dari desa ini adalah kopi. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada para pelaku UMKM di desa melung sehinga produk yang mereka hasilkan dapat go internasional. Metode pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan metode ceramah, tutorial, diskusi, pendampingan, dan konsultasi menggunakan power point dengan alat bantu LCD Proyektor. Hasil dari pelatihan ini adalah para peserta dapat mempunyai akun marketplace (tokopedia, shopee) sehingga mereka dapat menjual barang hasil dari produksi UMKM di marketplace yang mereka buat pada saat pelatihan. Harapannya penjualan produk hasil UMKM dapat meningkat dan pelanggan bisa semakin banyak.
Penguatan Literasi Keuangan Melalui Penyuluhan dan Pendampingan Siswa SMK Kota Bekasi
Harmi Ibnu Dja'far;
Nur Rizkiyah;
Sara Sahrazad;
Lengsi Manurung;
Agus Abdillah
Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JAMSI - September 2021
Publisher : CV Firmos
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (257.246 KB)
|
DOI: 10.54082/jamsi.11
Literasi keuangan mempunyai peran penting dalam isu strategis ekonomi pada era digital. Pemahaman masyarakat terhadap literasi masih minim. Begitu pula dengan para siswa SMK. Pembelajaran literasi keuangan di sekolah masih berkisar tentang teori dan sedikit praktek. Untuk itu kegiatan pengabdian masyarakat dalam penguatan literasi keuangan sangat penting. Metode pengabdian masyarakat menggunaka metode penyuluhan dan pendampingan. Adapun mitra pengabdian maysrakat adalah SMK Insan Mulia Kota Bekasi, khususnya program studi teknik kendaraan ringan. Jumlah siswa yang ikut program ini sebanyak 42 siswa. Kegiatan berlangsung dari bulan april sampai dengan Juni 2021. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah nilai praktek 66.2 dan nilai teori 73. siswa sudah merasa lebih percaya diri dalam mengelola keuangan, khususnya pada dana usaha. Para siswa lebih hati-hati dalam penerapan usaha. Lebih banyak memperhitungkan resiko dan dampaknya.
Eksplorasi Potensi Lokal Melalui Pembuatan Banana Muffin Untuk Menambah Ekonomis Pisang di Desa Sidodadi, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang
Slamet Fauzan;
Wiwik Wahyuni;
Dhika Putri;
Yongky Teguh Setiaji
Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JAMSI - September 2021
Publisher : CV Firmos
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (310.528 KB)
|
DOI: 10.54082/jamsi.12
Kegiatan panen yang biasanya dilakukan secara serentak membuat pisang yang ada di Desa Sidodadi tidak dapat diolah secara maksimal. Bahkan, tidak jarang pula karena panen yang melimpah membuat banyak pisang yang terbuang. Kurangnya edukasi mengenai pengolahan pisang menjadi produk olahan menjadi masalah utama dalam pengabdian ini. Sehingga pengabdian mencoba memberikan solusi berupa diversivikasi produk pisang menjadi banana muffin. Pengabdian ini bertujuan membantu masyarakat Desa Sidodadi, Kecamatan Gedhangan, Kabupaten Malang untuk memanfaatkan potensi lokal yang ada yaitu buah pisang.. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari pengabdian menunjukkan adalah masyarakat dapat memanfaatkan potensi yang ada berupa pisang untuk diolah menjadi banan muffin makanan yang lebih memiliki nilai ekonomis.
Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Dengan Pelatihan Akuntansi Desa Bagi Guru SMK Akuntansi Kota Malang
Cipto Wardoyo;
Slamet Fauzan;
Rizky Firmansyah;
Noor Faresi Putra;
Yongky Teguh Setiaji
Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JAMSI - September 2021
Publisher : CV Firmos
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (355.009 KB)
|
DOI: 10.54082/jamsi.13
Akuntansi desa merupakan salah satu mata peajaran baru dalam kurikulum akuntansi di Sekoah Menengah Kejuruan. Kebijakan ini berdampak pada ketersediaan sumber daya manusia bagi guru yang kurang menguasai materi tersebut. Untuk itu dilakukan pelatihan kepada guru SMK Akuntansi Kota Malang. Sebagai upaya praktis kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan pengabdian ini adalah sebagai wadah bagi para guru untuk mempersiapkan dan meningkatkan profesionalisme dalam menerapkan pembelajaran akuntansi desa dalam kurikulum baru. Metode pelatihan diberikan dalam bentuk peatihan dan pengajaran. Hasil dari pengabdian pelatihan sistem tata kelola keuangan desa terlaksana dengan lancar. Hal ini ditinjau dari nilai post test materi sistem tata kelola keuangan desa peserta sebesar 6,8. Nilai ini mengalami kenaikan dari nilai pre test yang memiliki nilai rata-rata 5,0. Disamping itu juga terlihat dari antusiasme peserta yang mengikuti semua acara pelatihan dari pemaparan materi sistem tata kelola keuangan desa sampai denga penugasan mandiri. Selama kegiatan berlangsung, peserta sangat kooperatif dengan mengikuti semua instruksi yang diberikan dan datang tepat waktu dalam kegiatan pelatihan ini.
Edukasi Informasi Kualitas Udara Untuk Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru Di Masa Pandemi COVID-19 Bagi Masyarakat Kota Tangerang
Fendy Arifianto;
Nanny Nuraini;
Dibyo Susanto;
R Lukman Heryadi
Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JAMSI - September 2021
Publisher : CV Firmos
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (299.086 KB)
|
DOI: 10.54082/jamsi.14
Masalah yang timbul di masa pandemi saat ini adalah masyarakat dituntut agar mematuhi protokol kesehatan untuk cegah COVID-19 serta beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru, sedangkan mereka masih minim pengetahuan tentang hal tersebut. Mengetahui tentang informasi kualitas udara sangat penting untuk mencegah berbagai bencana yang terjadi, salah satunya bencana pandemi yang sedang terjadi saat ini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang informasi kualitas udara dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan berupa pendekatan kualitatif dengan sasaran kegiatan yaitu masayarakat yang terkena dampak COVID-19. Model kegiatan yang dilakukan berupa edukasi mengenai pentingnya informasi kualitas udara untuk mendukung adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi COVID-19 di Kota Tangerang. Hasil dari kegiatan ini adalah masyarakat semakin paham tentang budaya hidup sehat serta pentingnya informasi kualitas udara dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi COVID-19. Partisipasi, tanggapan, dan antusias masyarakat dalam kegiatan ini menunjukan bahwa masyarakat sangat membutuhkan pengetahuan tentang adaptasi kebiasaan baru dan informasi kualitas udara. Kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengetahuan informasi kualitas udara sangat penting sebagai upaya mendukung adaptasi kebiasan baru di masa pandemi COVID-19, dan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan saat beraktifitas.
Penguatan Peran Siswa SD Bandarharjo dalam Upaya Menurunkan Angka Demam Berdarah di Kelurahan Bandarharjo Semarang Utara
Hargianti Dini Iswandari;
Okti Trihastuti Dyah Retnaningrum
Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JAMSI - September 2021
Publisher : CV Firmos
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (286.471 KB)
|
DOI: 10.54082/jamsi.15
Demam Berrdarah Dengur merupakan salah satu penyakit endemis di Kota Semarang. Berbagai upaya penanggulangan telah dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. Salah satunya adalah dengan membentuk Sicentik (Siswa Cari Jentik). Program pengabdian masyarakat di Kelurahan Bandarharjo ini dapat menjadi pendukung kegiatan Sicentik yaitu dengan memberikan pengetahuan tentang DBD dan upaya penangglangan kepada siswa SD sehingga peserta dapat secara aktif dan mandiri menjadi pelopor penanggulangan DBD di rumah. Metode pangabdian yang digunakan yaitu dengan pemberian materi. Peningkatan pengetahuan dinilai menggunakan uji statistic T test pada hasil pres test dan post test peserta. Pada akhir pengabdian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan peserta yang ditunjukkan dengan adanya nilai p= 0,04 pada uji T pre test dan post test.