AbstrakPenelitian didasarkan pada rendahnya aktivitas komunikasi antar pribadi. Tujuan penelitianini adalah untuk mengungkap dan menganalisis hal-hal berikut:Tingkat komunikasi antarpribadi siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kalirejo 2014/2015.Mengetahui seberapabesarpengaruh bermain peran terhadap komunikasi antar pribadi siswa pada kelasX SMAMuhammadiyah Kalirejo 2014/2015. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian iniadalah pendekatan kuatitatif. Adapun rancangan penelitian yang digunakan oleh penelitiadalah Pre-Eksperimental Design. Dalam penelitian ini, pengukuran dilakukan sebanyak 2kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Jumlah item 30 pertanyaan dengan 4 alternatifjawaban. Peneliti menggunakan subjek yang diambil dari kelas XSMA MuhammadiyahKalirejo 2014/2015 terdiri dari 255 siswa. Selanjutnya peneliti memilih mengambil 14% daripopulasi, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak279Ã14=35 siswa dengan100menggunakan teknik sampling yaitu berupa Random Sampling (area sampling). Dalammetode penelitian ini menggunakan analisis deskriptifdengan menggunakan rumuspersentase dan kuantitatif dengan menggunakananalisis uji t-test. Hasil penelitianmenunjukan Ada Pengaruh Bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik roleplaying terhadap aktivitas komunikasi antar teman sebaya di SMA MuhammadiyahKalirejo 2014/2015. Hal tersebut ditunjukan dengan t (hit)=7,144 > t 1% =(tab)3,347. Hal tersebut dilihat dari angket yang diberikan beserta observasi pada gurudan siswa kelas XSMA Muhammadiyah Kalirejo 2014/2015.Kata kunci: Metode Bermain Peran, Komunikasi Antar Pribadi
Copyrights © 2015