Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2023)

Penerapan Kegiatan Brain Gym untuk Meningkatkan Kosentrasi Belajar

Rifqi Adli Rizqullah (SD Labschool Cibubur)
Amin Muzaki (SD Labschool Cibubur)
Ahmad Nursalim (SD Labschool Cibubur)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi penerapan kegiatan brain gym dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Siswa seringkali berkutat dengan agenda pembelajaran tidak hanya ketika di lingkungan sekolah tetapi juga di rumah. Dengan memaksakan otak untuk bekerja sangat keras maka akan terjadi ketidakseimbangan dalam otak antara otak kanan dan otak kiri, sehingga dapat menyebabkan kelelahan pada otak sehingga konsentrasi dalam belajar anak menjadi menurun. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Labschool Cibubur sebanyak 30 orang dengan komposisi siswa laki-laki sebanyak 13 siswa dan siswa perempuan sebanyak 17 siswa. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan data kuantitatif. Tahapan pengenalan atau orientasi gerakan brain gym pada awal pembelajaran, mulai melakukan gerakan-gerakan brain gym, melakukan gerakan-gerakan brain gym pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, dan penjelasan kembali kepada siswa tentang manfaat dari gerakan gerakan brain gym. Berdasarkan hasil penelitian, konsentrasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan kriteria tinggi. Pada pra tindakan, jumah siswa yang mendapatkan skor konsentrasi belajar ≥76 ada 7 siswa (21,9%). Pada siklus I, meningkat menjadi 15 siswa (46,9%), dan pada siklus II meningkat menjadi 32 siswa (100%). Artinya pemberian brain gym sangat efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar pada anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKJIP

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal publishes research and study on education management, curriculum, education assessment, education policy, education technology, learning and teaching, and ...