Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 4 Massepe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran realistic mathematics education. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yakni guru dan siswa kelas IV berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan tiga siklus. Setelah diterapkan model pembelajaran realistic mathematics education (RME), proses belajar meningkat dari kualifikasi cukup (C) di siklus I dan II, meningkat menjadi baik (B) di siklus III. Setelah diterapkan RME nampak terjadi perubahan proses pembelajaran yaitu perubahan aktivitas pada siswa. Perubahan tersebut terlihat siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif, dan interaksi yang terjalin dengan baik. Adanya perubahan proses pembelajaran tersebut mendorong pada peningkatan hasil belajar siswa, dari kualifikasi kurang pada siklus I, cukup siklus II, menjadi baik di siklus III. Kesimpulan adalah penerapan model pembelajaran realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV UPT SD Negeri 4 Massepe Kabupaten Sidrap.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023