Pandemi Covid-19 berdampak signifikan tehadap kehidupan manusia, baik kesehatan, ekonomi, maupun Pendidikan di dunia. Di Indonesia, pemerintah telah menerapkan berbagai langkah untuk menekan penyebaran virus dengan memberlakukan kebijakan lockdown. Kebijakan tersebut berdampak di segala sektor, tak terkecuali sektor pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mulai memberlakukan kegiatan pembelajaran dalam jaringan (daring). Guru sebagai pendidik harus mampu berinovasi untuk kelangsungan proses pembelajaran. Mereka melakukan berbagai hal untuk memastikan siswa dapat menerima dan memahami topik pembelajaran. Namun, pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring ini tidak luput dari masalah. Penelitian ini mencoba menemukan permasalahan tersebut dengan menerapkan metode design thinking. Pendekatan design thinking berfokus pada pemahaman kebutuhan dan perspektif pengguna dalam memecahkan masalah yang mengutamakan empati, kreativitas, dan pembuatan prototipe. Design thinking menawarkan kerangka kerja yang kuat untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21. Siswa dan guru dari berbagai tingkatan terlibat dalam penelitian ini dan mencoba untuk menemukan dan fokus pada masalah dalam pembelajaran daring. Siswa dan guru menemukan solusi untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran daring dengan melakukan peningkatan interaksi antara guru dan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023