DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Vol. 4 No. 1: MARET 2024

Integrasi Teknologi Mobile Untuk Pembelajaran Dasar Desain Grafis: Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek Untuk SMK

Yusril Imamuddin (Unknown)
Didik Dwi Prasetya (Unknown)
Tuwoso (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Salah satu permasalahan utama yang dihadapi adalah pembelajaran dasar desain grafis yang masih mengandalkan modul konvensional dan media presentasi, yang kurang efektif dalam membantu siswa memahami konsep, khususnya terkait penerapan gambar vektor. Disamping itu penelitian mengenai penerapan teknologi mobile untuk mengembangkan e-modul berbasis proyek dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan partisipasi siswa dalam pembelajaran dasar desain grafis di SMK masih jarang dilakukan. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Mobile E-Module untuk siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Kalitengah berbasis project-based learning pada materi dasar desain grafis untuk penerapan pembuatan gambar vektor. Untuk mengevaluasi e-modul, pendidik, praktisi lapangan, ahli media, ahli materi, dan 34 siswa berpartisipasi dalam proyek penelitian dan pengembangan. Wawancara, observasi, dan kuesioner adalah beberapa prosedur pengumpulan data, sedangkan metode kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk pengolahan data. Penelitian ini berhasil mengembangkan e-modul Android berbasis PjBL yang valid, praktis dan layak digunakan. Berdasarkan uji keefektifan, skor N-gain dalam kategori tinggi dan peningkatan skor pre-test dan post-test merupakan indikator kebermanfaatan e-modul ini. Dengan demikian, pembelajaran desain grafis di SMK dapat memberikan siswa pengalaman belajar yang menyenangkan, interaktif, dan beragam serta meningkatkan kualitas pengajaran. Keberhasilan penerapan teknologi seluler ini menunjukkan kemungkinan besar untuk menggabungkan teknologi terkait di bidang kurikulum SMK lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

decode

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi adalah jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi FKIP Universitas Muhammadiyah Kendari. Terbitan dimulai pada bulan Maret 2021 dalam bentuk versi online. Jurnal ini terbit 2 kali setahun yaitu periode Maret dan ...