Salah satu permasalahan utama yang dihadapi adalah pembelajaran dasar desain grafis yang masih mengandalkan modul konvensional dan media presentasi, yang kurang efektif dalam membantu siswa memahami konsep, khususnya terkait penerapan gambar vektor. Disamping itu penelitian mengenai penerapan teknologi mobile untuk mengembangkan e-modul berbasis proyek dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan partisipasi siswa dalam pembelajaran dasar desain grafis di SMK masih jarang dilakukan. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Mobile E-Module untuk siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Kalitengah berbasis project-based learning pada materi dasar desain grafis untuk penerapan pembuatan gambar vektor. Untuk mengevaluasi e-modul, pendidik, praktisi lapangan, ahli media, ahli materi, dan 34 siswa berpartisipasi dalam proyek penelitian dan pengembangan. Wawancara, observasi, dan kuesioner adalah beberapa prosedur pengumpulan data, sedangkan metode kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk pengolahan data. Penelitian ini berhasil mengembangkan e-modul Android berbasis PjBL yang valid, praktis dan layak digunakan. Berdasarkan uji keefektifan, skor N-gain dalam kategori tinggi dan peningkatan skor pre-test dan post-test merupakan indikator kebermanfaatan e-modul ini. Dengan demikian, pembelajaran desain grafis di SMK dapat memberikan siswa pengalaman belajar yang menyenangkan, interaktif, dan beragam serta meningkatkan kualitas pengajaran. Keberhasilan penerapan teknologi seluler ini menunjukkan kemungkinan besar untuk menggabungkan teknologi terkait di bidang kurikulum SMK lainnya.
Copyrights © 2024