Layanan dompet digital (DANA) merupakan sebuah perkembangan teknologi yang dapat mempermudah manusia dalam melakukan proses transaksi. Dalam melayani pengguna melakukan transaksi, layanan aplikasi dana harus dapat menangani ketika terjadi masalah. Tingkat kematangan layanan TI akan diukur dengan memanfaatkan Framework ITIL v3 domain service operation, berdasarkan tiga proses yang tersedia yaitu proses incident management, problem management dan request fulfilment. Tujuan dari penelitian untuk mengevaluasi dan memastikan bahwa sistem yang mengelola dana berdasarkan pengguna (user-based) telah diimplementasikan sesuai dengan prinsip dan standar yang terdapat dalam Framework ITIL V3 Domain Service Operation. Peneliti menggunakan metode penelitian berupa pengumpulan studi pustaka dan kuesioner untuk dapat melakukan penilaian terhadap layanan aplikasi DANA. Hasil perolehan data dan perhitungan menghasilkan nilai kematangan layanan aplikasi dana pada tiga dari lima proses pada domain service operation dengan nilai rata-rata di angka >3.50. Dalam skala indeks maturity, level ketiga proses tersebut dapat dikategorikan pada level 4: managed, artinya layanan TI yang diberikan aplikasi DANA telah dikelola dengan baik.
Copyrights © 2024