Sistem komputer merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh siswa menengah kejuruan (SMK) khususnya kelas X. Untuk meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran tersebut, diperlukan media interaktif yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri, salah satunya dengan permainan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi dengan genre role playing game (RPG) yang didalamnya terdapat materi pembelajaran sistem komputer. Metode pengembangan game menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari: concept, design, material collecting, assembly, dan testing. Partisipan yang terlibat dalam pengujian game sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan dengan umur 16 – 17 tahun. Pengujian game dilakukan menggunakan game experience questionnaire (GEQ) yang terdiri dari 40 item pertanyaan. Berdasarkan kuesioner yang dikumpulkan dan dianalisis, diperoleh hasil 61,37% dan dikategorikan baik. Saat pengujian, partisipan mudah memahami alur game dan mendapatkan pengalaman yang positif saat memainkan, yang terlihat dari nilai Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 94% positif experience dan 90% return to reality, serta dalam memainkan game ini tidak mengalami kelelahan dan kesulitan dengan nilai TCR 30% negative experience dan 31,5% tiredness. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa game RPG yang dikembangkan ini dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sistem komputer.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024