Taroa : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 3 No 1 (2024): Januari

PENGUATAN AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN BAGI GURU DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS MUHAMMADIYAH KOTA BIMA

Kaharuddin Khairuddin (Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia)
Umar Sagaf (Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Keberadaan pendidikan Muhammadiyah tidak dapat dilepaskan dari hakekat muhammadiyah sebagai gerakan misi dakwah Islam dan visi amar ma`ruf nahi munkar. Lembaga pendidikan Muhammadiyah dalam berbagai jenis dan tingkatan merupakan salah satu alat dakwah yang paling efektif dan strategis untuk mewujudkan misi dan visi Muhammadiyah. Setiap guru memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan dan menjalankan visi dan misi Muhammadiyah. Penguatan Al Islam dan Kemuhammadiyahan di lingkungan Persyarikatan Muhamma- diyah dan di lingkungan amal usaha Muhammadiyah merupakan sesuatu yang sangat esensial dan bersifat mutlak. Hal ini mengingat Muhammadiyah adalah gerakan Islam, dakwah amar ma’ruf nahi mungkar dan tajdid, bersumber pada Al Qur’an dan As-Sunnah yang bertujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Dalam konteks inilah, perlu dilakukan pengabdian yang mendalam dalam rangka penguatan dan peningkatan pemahaman al-Islam Kemuhammadiyahan bagi guru yang ada di sekolah Muhammadiyah, khususnya di pondok pesantren al-Ikhlas Muhammadiyah Kota Bima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

taroa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Jurnal Taroa adalah jurnal double-blind peer-review dan open-access tentang Pengabdian Masyarakat. Fokus jurnal ini membahas masalah studi akademik terutama berkaitan dengan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan Pelatihan, Loka Karya, Workshop, FGD, maupun dalam bentuk Bimbingan ...