Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model PjBL dan mengetahui pengaruh antara keterlaksanaan model PjBL terhadap Keterampilan Metakognitif pada tingkat berpikir kreatif siswa di MAN Model Kota Jambi pada pembelajaran hidrokarbon. Desain penelitian ini adalah Quasi-experimental desain dengan jenis penelitian The Non-Equivalent Control Group menggunakan sampel penelitian Purposive Sampling. Data kuantitatif diuji normalitas dan homogenitasnya kemudian dicari hubungan keterlaksanaan model PjBL dan keterampilan metakognitif pada tingkat berpikir kreatif siswa dengan korelasi produk momen. Selanjutnya dilakukan uji-t untuk melihat signifikansi pengaruh keterlaksanaan modelPjBL dengan keterampilan metakognisi pada tingkat berpikir kreatif siswa. Keterlaksanaan model PjBL oleh guru dan siswa adalah baik. Data ini berdistribusi normal dan homogen, koefisien korelasi yang diperoleh yaitu sebesar 0,628, berarti hubungan antara keterlaksanaan model PjBL dengan keterampilan metakognitif pada tingkat berpikir kreatif siswa memiliki tingkat hubungan kuat. Di lihat dari thitung lebih besar dari ttabel (5,294<2,037).
Copyrights © 2016