[Development of The Chemistry E-Module Based on Project Based Learning Method and STEM Approach for Online Class on Buffer Solution Lessons] Pembelajaran abad 21 menuntun siswa lebih aktif dalam proses belajar, kreatif dan inovatif, sehingga dibutuhkan suatu inovasi baru dalam meningkatkan keterampilan siswa terutama di bidang sains dan matematika yaitu dengan menggabungkan ilmu sains dan matematika dalam satu sistem yang didukung dengan suatu rekayasa (engineering) dan teknologi yang dikenal dengan STEM education. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-modul pembelajaran berbasis pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) yang disusun mengikuti tahapan model pembelajaran project based learning berbasis pendekatan STEM pada materi Larutan Penyangga di SMA. Metode penelitian ini mengikuti model pengembangan Lee and Owens (2004) yang dibatasi sampai pada uji kelompok kecil produk yaitu pada siswa kelas XI MIPA di SMA N 1 Lubuklinggau. Kelayakan e-modul ini dilihat dari kelayakan teoritis yaitu hasil validasi ahli materi, ahli desain pembelajaran dan ahli media. Kelayakan secara praktis yaitu dari penilaian guru degan skor 95,71% dan respon siswa dengan skor 87,00% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media, penilaian guru, dan respon siswa menunjukkan bahwa e-modul berbasis pendekatan STEM ini berpotensi untuk digunakan dalam pembelajaran materi larutan penyangga di SMA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021