Karakter tanggung jawab merupakan salah satu karakter yang harus dimiliki oleh mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter tanggung jawab ditinjau dari kemampuan awal pemecahan masalah melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (mixed method) dengan model sequential explanatory yakni penggabungan metode penelitian kuantitatif dan metode kualitatif secara berurutan. Analisis data kuantitatif diarahkan untuk menganalisis kemampuan awal pemecahan masalah mahasiswa dan analisis data kualitatif diarahkan untuk mengetahui karakter tanggung jawab berdasarkan kemampuan awal pemecahan masalah. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa semester 1 sejumlah 37 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pembentukan karakter tanggung jawab mahasiswa selama pembelajaran Problem Based Learning jika ditinjau dari kemampuan awal pemecahan masalah.
Copyrights © 2021