Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika: Volume 4 Nomor 1 Februari 2022

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Operasi Aljabar Ditinjau dari Self-Efficacy

Indrayadi, Alviansyah Putra (Unknown)
Arfinanti, Nurul (Unknown)
Fauzi , Bagus Naufal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Zaman yang terus maju memunculkan berbagai permasalahan yang juga beragam sehingga keberadaan kemampuan pemecahan masalah menjadi penting. Dalam pembelajaran matematika pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan yang dilatih. Lebih lanjut dalam pembelajaran matematika self-efficacy juga merupakan hal penting untuk diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada operasi aljabar ditinjau dari self-efficacy. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan peneliti sebagai instrumen utama dan lembar kuesioner, lembar tes, serta pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. Pengumpulan data pada peneliitian ini dilakukan dengan memberikan kuesioner dan tes serta melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa apabila ditinjau dari ­self-efficacy.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM) is a scientific journal published by Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta incorporating with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika (Admapeta). It published twice a year (in February & ...