Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika: Volume 4 Nomor 1 Februari 2022

Strategi Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP

Mara Samin Lubis (Pendidikan Matematika, UIN Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2022

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam lembaga pendidikan adalah karakter siswa di Indonesia masih memprihatinkan berdasarkan fenomena yang terjadi. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang diterapkan oleh guru selama ini di kelas lebih mementingkan pengembangan kemampuan kognitif siswa daripada pengembangan sikap afektif (karakter) siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran matematika pada siswa SMP, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran matematika, serta penerapan pendidikan karakter dalam media pembelajaran matematika pada siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang terdiri atas tiga tahapan yaitu tahapan sebelum pengumpulan data, pengumpulan data penelitian, dan analisis data. Subjek pada penelitian ini yaitu 8 orang guru matematika SMP dan 6 orang siswa SMP di Sumatera Utara. Instrumen yang digunakan meliputi daftar wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru matematika merencanakan pembelajaran dengan mengintegrasikan beberapa nilai karakter yang sesuai pada RPP. guru memberikan contoh keteladan dalam menerapkan nilai karakter pada saat pembelajaran. Selain itu, guru juga menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Guru menggunakan instrumen tes dan non tes dengan menyisipkan nilai karakter pada permasalahan. Guru menggunakan media pembelajaran alat peraga dan media berbasis teknologi dengan menyisipkan nilai karakter siswa didalamnya. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu guru matematika telah mampu menumbuhkankan beberapa nilai-nilai karakter kepada siswa seperti religius, disiplin, kejujuran, kreatif, tanggung jawab, mandiri, suka membaca, toleransi, dan rasa ingin tahu dalam rangka menciptakan generasi bangsa yang berkarakter pada saat proses perencanaan, pembelajaran, evaluasi dan penggunaan media pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM) is a scientific journal published by Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta incorporating with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika (Admapeta). It published twice a year (in February & ...