Tarbawi: Jurnal Pendidikan dan Keagamaan
Vol 8, No 02 (2020): TARBAWI

Penerapan Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Mahmudah Mahmudah (UIN Antasari)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan literasi digital dalam pembelajaran bahasa arab di MIN 9 Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Untuk Pengumpulan data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu wawancara dan dokumentasi. Wawancara dengan guru mata pelajaran, kepala madrasah dan wakil kepala madrasah kurikulum untuk menggali data terkait penerapan literasi digital disekolah dan dalam pembelajaran bahasa arab. Dokumentasi untuk menganalisis sejauh mana penerapan literasi digital dalam pembelajaran bahasa arab. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka didapatkan hasil sebagai berikut: Penerapan literasi digital dalam pembelajaran bahasa arab di MIN 9 Banjar sejauh ini dengan menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh. Pembelajaran bahasa arab dilakukan melalui aplikasi sosial media whatsapp. Guru memanfaatkan fitur yang dimiliki whatsapp seperti grup chat untuk mengirimkan materi pembelajaran dan evaluasi kepada murid, video call untuk menilai kemampuan berbahasa murid. Guru juga menggunakan aplikasi youtube dan kamus digital sebagai sumber belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Jurnal

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

arbawi: Jurnal Pendidikan dan Keagamaan is peer-reviewed national journal published biannually by Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah Martapura. which contains research results from lecturers, educational staff, education observers, and others. The focus discussion of the journal is ...