Tarbawi: Jurnal Pendidikan dan Keagamaan
Vol 7, No 01 (2019): Tarbawi

EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN PEER ASSESSMENT DI KELAS VIII SMP NEGERI SE-KOTA BANJARMASIN

Asy’ari dan M. Rizki Zulkarnain (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis TIK menggunakan metode discovery learning disertai dengan peer assessment terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3 3. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN se-Kota Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 265 orang. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan menggunakan metode uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis TIK menggunakan metode discovery learning disertai dengan peer assessment lebih baik dari hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran berbasis TIK menggunakan metode discovery learning dan model pembelajaran konvensional. Selain itu, hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis TIK menggunakan metode discovery learning lebih baik dari hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Jurnal

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

arbawi: Jurnal Pendidikan dan Keagamaan is peer-reviewed national journal published biannually by Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah Martapura. which contains research results from lecturers, educational staff, education observers, and others. The focus discussion of the journal is ...