Perubahan kurikulum pembelajaran pesantren merupakan dua hal yang berkorelasi signifikan. Revolusi indstri 4.0 membawa dampak serius pada paradigm lembaga pendidikan (pesantren). Diantara wujud paradigm transformasi kurikulum pembelajaran pesantren itu adalah pergeseran dari tradisionalis ke modernis, dari yang hanya mencakup wilayah kecil menjadi lebih luas, yang hanya bisa belajar dengan guru di kelas menjadi bertemu dengan para expert dengan bantuan teknologi. Disisilain, perkembangan pengetahuan dan teknologi juga dipengaruhi oleh laju perkembangan pendidikan, pesantren sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang memperhatikan bidang pemberdayaan umat dalam mencetak insan ber-akhlak karimah di Era Revolusi Industri 4.0. Pesantren adalah sistem pendidikan klasik yang merupakan produk budaya Indonesia. Seiring dengan perubahan zaman, pendidikan di pondok pesantren juga mengalami transformasi. Metode yang digunakan pada penulisan artikel ini ini adalah studi literatur
Copyrights © 2022