Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai apakah media e-comic berbasis pendidikan multikultural layak untuk digunakan sebagai penunjang pada pembelajaran IPS materi keberagaman budaya Bangsa Indonesia dan mampu memberikan pemahaman kepada peserta didik terkait pentingnya toleransi budaya, agama dan ras dalam kehidupan sehari-hari serta senantiasa bersyukur dapat menikmati karunia Tuhan dengan hidup di negara yang multikultural.Penelitian ini menggunakan metode R and D dengan model ADDIE. Namun, penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan saja dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil dari uji kelayakan media e-comic berbasis pendidikan multikultural ini mencapai persentase 91,6 persen untuk aspek materi dan ilustrasi. Aspek bahasa sebanyak 83,3 persen dan tampilan media sebanyak 100 persen. Skor rata-rata dari keseluruhan aspek ialah 91,5 persen. Sehingga dapat dikatakan media e-comics berbasis pendidikan multikultural layak untuk digunakan dengan sedikit revisi.
Copyrights © 2023