Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading
Vol. 3 No. 1 (2024): Maret (Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan)

PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA: PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA

samad, ippank (Unknown)
Mansyur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis dengan jumlah siswa 18 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes akhir setiap siklus, mengisi lembar aktivitas siswa selama pembelajaran dan lembar keterlaksanaan penelitian pada siklus I dan siklus II, analisis data dilakukan dengan menggunakan stastistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa terlihat dari hasil tes akhir siklus I 50% meningkat pada siklus II dengan persentase 88,88% dan juga dapat dilihat dari observasi aktivitas siswa dengan meningkatnya indikator-indikator yang meliputi delapan aspek serta adanya peningkatan keterlaksanaan peneliti dalam mengajar dari siklus I ke siklus II. Dari data tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pemebelajaran Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan yaitu dengan kriteria ketuntasan 75% pada materi Segiempat dan Segitiga kelas VII SMP YPI PGRI Makassar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsm

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SigMa: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading merupakan jurnal peer review yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas Sawerigading Makassar. Jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi diskusi berupa akademis tentang pembelajaran dan pendidikan matematika, hasil ...