Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara mendalam mengenai bagaiamana cara meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Kartika IV-47 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga TK Kartika IV-47 pada setiap harinya dalam mengembangkan bahasa anak melalui kegiatan bernyanyi. Hal itu terlihat dari sebelum bel masuk, lembaga sudah membunyikan musik yang menarik anak untuk bernyanyi, kemudian senam dengan lagu yang mudah diingat dan dihafal oleh anak, dilanjutkan dengan kegiatan baris-berbaris dimana pada saat baris berbaris guru mengajak anak untuk bernyanyi lagu wajib nasional dan daerah pada setiap harinya. Selain itu, terdapat kegiatan bernyanyi seperti sebelum do’a mau belajar dan pulang sekolah, mengenalkan keagamaan pada anak melalui bernyanyi dan bernyanyi lagu sesuai dengan tema setiap minggunya. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024