Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor yang mempengaruhi terjadinya alih kode dalam tuturan guru pada kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa bentuk alih kode dalam tuturan guru pada kegiatan belajar mengajar di SMPN 1 Tikala. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik simak, teknik rekam dan teknik catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Bentuk alih kode dalam tuturan guru pada kegiatan belajar mengajar di SMPN 1 Tikala Kecamatan Tikala yaitu, Tag-Switching, Intrasentential Switching, dan Intersentential Switching. (2) Faktor yang mempengaruhi terjadinya alih kode meliputi (a) Kurangnya kemampuan berbahasa penutur; (b) Konteks situasi berbahasa; (c) Untuk menegaskan sesuatu; (d) Keefisienan suatu pembicaraan; dan (e) Menjalin keakaban antarmitra tutur.
Copyrights © 2023