Jurnal Mataaalo : Masyarakat Peneliti Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 5 No 2 (2023): Mataallo Mayarakat Peneliti Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMK KRISTEN HARAPAN

Christin Tiku Tanga (Universitas Kristen Indonesia Toraja)
Dina Gasong (Universitas Kristen Indonesia Toraja)
Berthin Simega (Universitas Kristen Indonesia Toraja)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran joyfull learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada kelas X TAB SMK Kristen Harapan. Penelitian dengan judul “Penerapan Strategi Pembelajaran Joyfull Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMK Kristen Harapan”, ini termasuk dalam konsep pendekatan penelitian kombinasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X TAB SMK Kristen Harapan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih kelas X TAB E sebagai sampel dengan jumlah 33 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yaitu: (1) wawancara terhadap guru selaku narasumber yang menerapkan strategi pembelajaran joyfull learning, (2) wawancara terhadap siswa, (3) lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan strategi pembelajaran joyfull learning, (4) lembar observasi aktivitas siswa, dan (5) instrumen angket bagi siswa untuk mengetahui sejauh mana mereka senang dalam belajar bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) strategi pembelajaran joyfull learning efektif diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X TAB SMK Kristen Harapan, (2) dari tabel indikator nilai pendidikan bahasa Indonesia kelas X TAB, strategi pembelajaran joyfull learning pada pembelajaran bahasa Indonesia berdampak baik bagi peningkatan prestasi dan nilai siswa, dan (3) ada beberapa kendala yang dialami oleh guru diantaranya yaitu pembelajaran yang dilakukan terlalu lama yaitu selama 4 jam dan itu bisa membuat siswa kelelahan dan jenuh. Konsep pembelajaran yang memacu keaktifan di kelas membuat beberapa siswa yang memang berkarakter introvert mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri walaupun pembelajaran dilakukan tanpa adanya perasaan terpaksa atau tekanan (not under presus).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mataallo

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Mataallo: Masyarakat Peneliti Pendidikan Bahasa Indonesia accept submission of scientific articles to be published in the form of research results, surveys and literature reviews in the field of educational development at Indonesia Language and Art Education and are not limited to: Learning ...