Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran joyfull learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada kelas X TAB SMK Kristen Harapan. Penelitian dengan judul “Penerapan Strategi Pembelajaran Joyfull Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMK Kristen Harapan”, ini termasuk dalam konsep pendekatan penelitian kombinasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X TAB SMK Kristen Harapan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih kelas X TAB E sebagai sampel dengan jumlah 33 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yaitu: (1) wawancara terhadap guru selaku narasumber yang menerapkan strategi pembelajaran joyfull learning, (2) wawancara terhadap siswa, (3) lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan strategi pembelajaran joyfull learning, (4) lembar observasi aktivitas siswa, dan (5) instrumen angket bagi siswa untuk mengetahui sejauh mana mereka senang dalam belajar bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) strategi pembelajaran joyfull learning efektif diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X TAB SMK Kristen Harapan, (2) dari tabel indikator nilai pendidikan bahasa Indonesia kelas X TAB, strategi pembelajaran joyfull learning pada pembelajaran bahasa Indonesia berdampak baik bagi peningkatan prestasi dan nilai siswa, dan (3) ada beberapa kendala yang dialami oleh guru diantaranya yaitu pembelajaran yang dilakukan terlalu lama yaitu selama 4 jam dan itu bisa membuat siswa kelelahan dan jenuh. Konsep pembelajaran yang memacu keaktifan di kelas membuat beberapa siswa yang memang berkarakter introvert mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri walaupun pembelajaran dilakukan tanpa adanya perasaan terpaksa atau tekanan (not under presus).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023