Fenghuang: Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin
Vol 1 No 03 (2022): Fenghuang: Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin

Kesalahan Pengginaan Tanda Baca Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Jakarta

Yunita Ihda Umami (Unknown)
Aprilia Ruby Wikarti (Unknown)
Zelia, Vanya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Tanda baca adalah tanda yang dipakai dalam tulisan berfungsi untuk memudahkan pemahaman orang lain terhadap apa yang kita maksudkan. Kesalahan penggunaan tanda baca dalam penulisan suatu kalimat akan berdampak terhadap arti kalimat itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan tanda baca bahasa Mandarin, dan mengetahui faktor penyebab kesalahan penggunaan tanda baca bahasa Mandarin mahasiswa angkatan 2015 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Universitas Negeri Jakarta. Teori tanda baca bahasa Mandarin pada penelitian ini merujuk pada buku《标点符号用法》diterbitkan oleh中华人民共和国国家标准tahun 2011. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survey. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Jakarta angkatan 2015. Hasil penelitian menunjukkan 43.86% penggunaan tanda baca bahasa Mandarin yang benar, dan 56.14% penggunaan tanda baca bahasa Mandarin yang tidak sesuai. Kemungkinan faktor penyebab kesalahan yaitu, salah satunya adalah kurangnya intensitas responden dalam menggunakkan tanda baca bahasa Mandarin terutama pada tanda baca bahasa Mandarin yang tidak terdapat dalam bahasa Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fenghuang

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Articles published in Fenghuang based on research in the field of: Chinese studies (Chinese language/linguistics, teaching Chinese for the speakers of other language, Chinese culture, ...