Bidang pariwisata merupakan salah satu bidang yang terdampak dalam pandemi Covid-19 diIndonesia. Pariwisata merupakan salah satu sumber pemasukkan yang memiliki peran penting dimasyarakat. Peningkatan sumber daya pemandu wisata dalam pendidikan karakter dan kearifanlokal, menjadi sangat penting dalam peningkatan kualitas wisata pendidikan di KabupatenPekalongan. Pendidikan karakter menjadi poin penting dalam kegiatan wista pendidikan. Sementaraini muncul berbagai macam bentuk tempat wisata baru di Kabupaten Pekalongan. Hal inidikarenakan berimbasnya bahwa setiap desa harus memiliki Bumdes. Sehingga kebanyakan Bumdesdi Kabupaten Pekalongan membuat pendapatan mandiri dengan membuka tempat wisata. Dibeberapa tempat, tidak semua tempat wisata dimiliki atau dikelola oleh Bumdes, tetapi dikelola olehperorangan. Namun tempat wisata baru nampaknya kurang mendapat pendampingan terutamadalam hal edu wisata. FKIP Universitas Pekalongan menangkap potensi ini dengan mengadakan kerjasama dengan PKBMAn Nur. Sebagai salah satu tindak lanjut kerjasama ini terutama bidang pengabdian kepadamasyarakat maka perlu dilakukan Pelatihan dan Pendampingan Wisata Pendidikan (Edu-wisata)untuk Peningkatan Kualitas Pemandu Wisata Berbasis Pendidikan Karakter di KabupatenPekalongan Paska Pandemi Covid-19 sehingga diharapkan tempat wisata yang ada di kabupatenPekalongan terdapat nilai pendidikan karakter yang dapat memberi manfaat untuk generasimendatang. Kata Kunci : wisata pendidikan, pendidikan karakter, kearifan lokal
Copyrights © 2021