Prosiding Seminar Nasional Unimus
Vol 4 (2021): Inovasi Riset dan Pengabdian Masyarakat Post Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Tangguh

VALIDITAS MODUL BERBASIS EDUTAINMENT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII

Rosiana Oriza Sativa (Unknown)
Iswahyudi Joko Suprayitno (Unknown)
Martyana Prihaswati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Kurangnya ketersediaan bahan ajar dalam proses pembelajaran matematika di kelas VIII H SMP Negeri 2Lebaksiu yang terkesan monoton dan membosankan karena tidak menghadirkan ilustrasi menarik yangmembuat siswa tertarik dalam memahami materi, terutama pada materi  bangun ruang sisi datar, siswa jugatidak terlibat aktif selama proses pembelajaran sehingga kemampuan pemahaman konsep siswa tergolongrendah dilihat dari kemampuan siswa dalam menjelaskan kembali konsep, mengklasifikasikan objek menurutsifat-sifat tertentu dan menerapkan konsep dalam pemecahan masalah. Oleh karena itu, dibutuhkan bahanajar yang dapat membuat siswa tertarik mengikuti pembelajaran matematika agar dapat menumbuhkankemampuan pemahaman konsepnya. Bahan ajar tersebut berupa modul yang berbasis edutainment denganpendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini untuk menentukankevalidan dan kepraktisan dari modul berbasis edutainment dengan pendekatan kontekstual. Penelitian inimerupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development,Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen penilaian dari ahlimateri dan ahli media.Instrumen yang dipakai menggunakan lembar penilaian yang berisi lembar penilaiandengan skala 1-4 dan saran atau komentar para ahli materi dan ahli media. Angket validasi ahli media terdiridari aspek desain cover modul dan aspek desain isi modul. Angket validasi ahli materi terdiri dari 6 aspekyaitu aspek kelayakan isi, aspek edutainment, aspek sistematika isi modul, aspek keterlaksanaan, aspekkelengkapan modul, dan aspek komponen kontekstual.  Hasil yang diperoleh pada penelitian ini uji validasiahli media sebesar 3,38 dengan kriteria valid dan uji validasi ahli materi sebesar 3,81 dengan kriteria validdan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika.Kata Kunci : Modul, Edutainment, Kontekstual, Pemahaman Konsep, Validitas Abstract

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

semnas

Publisher

Subject

Humanities Engineering Health Professions Nursing Public Health

Description

Prosiding Seminar Nasional Unimus merupakan wadah publikasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah dipresentasikan pada Seminar Nasional Unimus yang diselenggarakan tahunan oleh Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Muhammadiyah ...