LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2024): Logic : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan

Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Penerima Santunan Anak Asuh Baru Dengan Metode Simple Additive Weighting

Sutriyatna, Erdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2024

Abstract

Dalam merelasikan tata administrasi yang bisa dipertanggung jawabkan sebagai sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan maka pemberian santunan kepada santri berprestasi yang berasal dari keluarga kelas ekonomi lemah oleh Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Al-Qur’aniyyah (YASPIQ) adalah salah satu program rutin yang setiap tahunnya dilakukan dengan seleksi manual sesuai parameter yang telah ditetapkan. Proses seleksi penerimaan anak asuh ini yang mendapat santunan membutuhkan resource yang tidak sedikit, baik itu menyangkut waktu, pikiran maupun tenaga yang dikeluarkan. Sistem Pendukung Keputusan (SPK), yang dibangun dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dari kategori Multi-Attribute Decision Making (MADM) yang dapat memfasilitasi penentuan keputusan dengan banyak kriteria dari tiap kategori anak asuh yaitu anak yatim dan anak dhuafa.  Setiap kriteria yang menjadi parameter tersebut ditentukan tingkat kepentingan dan tingkat kecocokannya pada setiap alternatif (calon penerima santunan), selanjutnya dinormalisasikan dan dikalikan dengan bobot preferensi setiap kriteria. Pemohon (alternatif) dengan nilai V tertinggi akan menempati urutan teratas dalam sistem ini. Berdasarkan hasil contoh kasus menunjukan bahwa hasil perhitungan menggunakan sistem sama dengan perhitungan manual. Sistem ini mampu memberikan rekomendasi dalam penentuan penerima santunan anak asuh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

logic

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Other

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...