Layanan bimbingan dan konseling di sekolah memainkan peran krusial dalam mendukung perkembangan positif peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di MA Miftahul Huda untuk mengungkapkan peran dan manfaat layanan tersebut dalam meningkatkan kesejahteraan dan prestasi akademik siswa. Dalam menghadapi tantangan ekonomi dan tekanan sosial, layanan ini diharapkan dapat meredakan dampak negatifnya. Faktor-faktor seperti perbedaan pola pikir antara orang tua dan anak, tekanan ekonomi, dan tantangan pendidikan memerlukan pendekatan holistik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan penelitian lapangan, melibatkan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Guru Bimbingan Konseling di MA Miftahul Huda berperan penting dalam memberikan dukungan akademis, panduan karir, dan konseling pribadi. Tujuh jenis layanan konseling diterapkan sesuai kebutuhan siswa. Hasil wawancara menunjukkan peningkatan pemahaman diri, keaktifan, dan kepercayaan diri siswa. Siswa kelas XII khususnya merasakan dampak positif layanan informasi karir, membantu merencanakan langkah setelah lulus. Layanan ini tidak hanya memberikan solusi bagi siswa dengan masalah, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka. Dengan pemahaman peran penting layanan ini, diharapkan kerja sama semua pihak dapat memaksimalkan manfaatnya bagi siswa secara pribadi, emosional, dan akademik. Penelitian ini menggambarkan dampak positif dan tantangan layanan bimbingan konseling, menekankan perlunya dukungan yang kuat untuk memastikan keberlanjutan layanan tersebut.
Copyrights © 2023