Prosiding Seminar Nasional Unimus
Vol 1 (2018): Hilirisasi & Komersialisasi Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat untuk Indonesia

Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS) pada Pembelajaran Tema Persatuan dalam Perbedaan

Widya Pratiwi (STKIP Majenang)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan danmengetahui keefektifan bahan ajar bermuatan HOTS pada pembelajaran tema persatuandalam  perbedaan  Kelas  VI  Sekolah  Dasar.  Pengembangan  bahan  ajar  bermuatan  HOTSdibutuhkan dikarenakan perkembangan zaman dan berbagai  perubahan yang terjadi  dimasyarakat. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4D. Penelitianini melalui empat langkah yaitu define, desain, develop, dan deseminasi. Hasil menunjukkanbahwa bahan ajar yang dikembangkan masuk pada kategori layak, dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan secara keseluruhan memperoleh nilai  3,345 darinilai maksimal 4. Hasil untuk aktivitas secara umum juga menunjukkan nilai 80,52 sementarauntuk aktivitas yang terkait dengan HOTS menunjukkan nilai 84,42 kedua nilai tersebuttermasuk  pada  kategori  baik.  Hasil  keefefktifan  penggunaan  bahan  ajar  dalampembelajaran menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didiksebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar bermuatan HOTS. Hasil ini dibuktikan darinilai asymp sig. (2-tailed) yang kurang dari 0,05 yaitu 0,000.Kata Kunci: Bahan Ajar, HOTS, Persatuan dalam Perbedaan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

semnas

Publisher

Subject

Humanities Engineering Health Professions Nursing Public Health

Description

Prosiding Seminar Nasional Unimus merupakan wadah publikasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah dipresentasikan pada Seminar Nasional Unimus yang diselenggarakan tahunan oleh Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Muhammadiyah ...