Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan danmengetahui keefektifan bahan ajar bermuatan HOTS pada pembelajaran tema persatuandalam perbedaan Kelas VI Sekolah Dasar. Pengembangan bahan ajar bermuatan HOTSdibutuhkan dikarenakan perkembangan zaman dan berbagai perubahan yang terjadi dimasyarakat. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4D. Penelitianini melalui empat langkah yaitu define, desain, develop, dan deseminasi. Hasil menunjukkanbahwa bahan ajar yang dikembangkan masuk pada kategori layak, dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan secara keseluruhan memperoleh nilai 3,345 darinilai maksimal 4. Hasil untuk aktivitas secara umum juga menunjukkan nilai 80,52 sementarauntuk aktivitas yang terkait dengan HOTS menunjukkan nilai 84,42 kedua nilai tersebuttermasuk pada kategori baik. Hasil keefefktifan penggunaan bahan ajar dalampembelajaran menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didiksebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar bermuatan HOTS. Hasil ini dibuktikan darinilai asymp sig. (2-tailed) yang kurang dari 0,05 yaitu 0,000.Kata Kunci: Bahan Ajar, HOTS, Persatuan dalam Perbedaan
Copyrights © 2018