Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 6, No 2 (2023)

PENGARUH KESADARAN MEREK DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN AROMA BAKERY & CAKE SHOP MEDAN AMPLAS)

Nana Hadisti (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Julianto Hutasuhut (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan)
Tukimin Lubis (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan)
Yayuk Yuliana (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kesadaran Merek dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Aroma Bakery & Cake Shop Amplas Medan). Jenis penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Aroma Bakery & Cake Shop Amplas, Jln. Panglima Denai, Kota Medan. Pelaksanaan penelitan dimulai dari bulan  Maret 2023  sampai  dengan selesai. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Aroma Bakery and Cake Shop Amplas Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pembeli roti yang datang ke Aroma Bakery and Cake Shop Medan Amplas. Untuk menyederhanakan jumlah sampel, penulis menggunakan rumus di sampaikan Ferdinand (2014). Dengan demikian maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 112 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan program Statistical Product Sofware Solution (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesadaran Merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Komunikasi Pemasaran secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara. Secara simultan diperoleh nilai Fhitung (81.549) > Ftabel (3,08), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya Kesadaran Merek dan Komunikasi Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Aroma Bakery & Cake Shop Medan Amplas).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bisnet

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bisnisnet adalah Jurnal Ekonomi dan Bisnis yang ditertbitkan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa (FEB UNDHAR). Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian yang mempunyai relevansi dengan : Manajemen Pemasaran ...