Indonesian Journal of Economics and Strategic Management
Vol. 2 No. 1 (2024): Vol.2.,No.1.,2024 : March

Pengaruh Kualitas Layanan Pajak, Sanksi Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Wilayah Jakarta Timur

Azzahra Nabilla (Unknown)
Amor Marundha (Unknown)
Uswatun Khasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan pajak, sanksi pajak, dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak umkm di wilayah jakarta timur. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana objek yang digunakan merupakan Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 200 responden. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian hipotesis (hypothesis testing) dengan menggunakan structural equitation model (SEM) SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini memberikan penjelasan bahwa variabel Kualitas Layanan Pajak, Sanksi Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Wilayah Jakarta Timur. Penelitian ini memiliki keterbatasan objek penelitian yang hanya dilakukan pada masyarakat khususnya di wilayah Jakarta Timur. Hal ini dapat menjadi saran untuk peneliti selanjutnya. Kebaharuan dalam penelitian ini menggabungkan variabel Kualitas Layanan Pajak, Sanksi Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak UMKM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijesm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Srategic Marketing; Strategic Human Resources; Strategic Finances; Strategic Operations; Banking; Corporate Finance; Business; Management; Accounting; Auditing; Taxation; Investments; Capital ...