Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN)
Vol 8, No 3 (2022): Volume 8 No 3

Efektivitas Blended Learning Model Problem Based Learning dan Discovery pada Mata Kuliah Matematika Bisnis

Yunia Mulyani Azis (STIE Ekuitas)
Moechammad Sarosa Sarosa (Politeknik Negeri Malang)
Ghiaska Nabilah Witka (STIE Ekuitas)
Ribka Inestya Simanungkalit (STIE Ekuitas)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep Matematika menyebabkan peserta didik sulit untuk mendapat hasil belajar yang baik, diperlukan suatu model mengajar yang dapat meningkatkan peserta didik untuk dapat terlibat aktif dan berpikir kritis dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk membandingkan efektivitas dua model pembelajaran yang melibatkan keaktifan dan berpikir kritis melalui pembelajaran blended learning yaitu model Problem Based Learning dan Discovery Learning. Melibatkan 2 kelas sebagai kelas kontrol dan eksperimen yang diambil secara acak, dengan instrument pretest postest sebanyak 10 soal dan analisis data uji multivariat menggunakan Hotelling’s Trace T2 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan bahwa kedua populasi pada saat pretest mempunyai pemahaman konsep dan hasil belajar yang sama, perubahan terjadi ketika model PBL dan discovery learning diterapkan.  Melalui uji rata-rata disimpulkan bahwa pembelajaran blended learning model PBL lebih baik diterapkan dibandingkan dengan discovery learning pada mata kuliah Matematika Bisnis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jepin

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) merupakan peer reviewed journal di bidang informatika. Jurnal ini diterbitkan 3 bulan dalam setahun (April, Agustus, dan Desember) oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, ...