EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 5 (2023): October

Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar

Lia Istianah (Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia)
Dadan Mardani (Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai analisis kesulitan belajar matematika materi perkalian yang dialami oleh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karang Satria 03 Bekasi. Pokok masalah dari penelitian ini ialah kesulitan belajar matematika materi perkalian yang dialami oleh siswa kelas IV. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa, faktor yang menyebabkan serta upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karang Satria 03 Bekasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada tiga kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas IV diantaranya yaitu kesulitan memahami konsep, kesulitan memahami simbol dan kesulitan dalam berhitung. Ada dua faktor yang menyebabkan kesulitan tersebut yaitu faktor internal dan eksternal seperti (1) kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran matematika dan (2) minimnya kemampuan berhitung dan memahami soal (3) kurangnya perhatian dan motivasi orang tua, dan (4) Sarana dan prasarana.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...