Minat berarti ketertarikan seseorang terhadap sesuatu yang ditunjukkan dengan sering fokus memperhatikan secara berkelanjutan saat terjadi suatu kegiatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis minat peserta didik terhadap bahan ajar khususnya buku LKS pada mata pelajaran agama Katolik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan model ADDIE. Proses pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka untuk menganalisis dokumenĀ dan distribusi angket untuk menilai kebutuhan peserta didik. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik terhadap pembelajaran agama Katolik diperoleh data sebesar 64,3% menyatakan mereka menyukai PAK (pendidikan agama Katolik), sedangkan diperoleh persentase tanggapan peserta didik terhadap bahan ajar LKS sebanyak 48,7% mengatakan bahwa materi pada buku LKS terlalu banyak. Pada penelitian ini hanya sampai tahap analisis dan masih memerlukan penelitian lanjutan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka setelah mengetahui kebutuhan dari peserta didik diharapkan pendidik dapat merancang bahan ajar yang sesuai dan mampu meningkatkan keaktifan peserta didik serta memiliki keterampilan yang adaptif terhadap perkembangan jaman.
Copyrights © 2024