Manajamen Komunikasi merupakan proses yang mewadahi semua anggota organisasi untuk menjalin hubungan dengan baik serta menciptakan iklim kerja yang kondusif dan efektif. Ketika sebuah organisasi memiliki iklim kerja yang efektif untuk seluruh anggotanya, berarti setiap anggota memiliki kepuasan kerja, sehingga dengan proses ini dapat memotivasi semua anggota untuk bekerja keras dan bekerja cerdas demi mencapai tujuan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh OSIM Madrasah Aliyah Nurul Jadid melalui manajemen komunikasi untuk menciptakan iklim kerja kondusif-efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif untuk mengungkap fakta dan fenomena yang terjadi dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Manajemen Komunikasi OSIM dalam menjalankan semua komponen pelaksanaan tugas organisasi sangat menunjang keberlangsungan organisasi. Penerapan Manajemen Komunikasi sangat membantu mensukseskan semua program kerja dan berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan. Manajemen Komunikasi juga membentuk alur komunikasi di mana sesama anggota organisasi saling berkoordinasi dan mencari solusi bersama bila terjadi perbedaan pendapat
Copyrights © 2023