Sejak dulu metode ceramah sudah menjadi patokan guru dalam memberikan materi Pendidikan agama islam, sehingga siswa yang mempunyai Tingkat kognitif rendah cenderung merasa bosan dan tidak paham terhadap materi yang disampaikan. Maka untuk mengatasi permasalah ini, media pembelajaran sangat membatu guru dalam penyampaian materi. Media pembelajaran yang menarik akan lebih mudah mentransfer informasi kepada siswa. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan tentang peranan media audio visual dalam meningkatkan proses dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Media pembelajaran saat ini sudah memanfaatkan teknologi informasi seperti media audio visual. Media audio visual diantaranya yaitu video animasi bergerak dan bersuara seperti video youtube, video tiktok dan juga video reels dari Instagram. Metode kajian pustaka (library research) diterapkan oleh peneliti dalam artikel ini.Teknik pengumpulan data yakni (1) Literature Review (2) Pencarian sumber data dari literatur yang relevan (3) Persiapan untuk menyajikan data (4) Analisis Data. Beberapa teknik analisis data yang diterapkan yakni mereduksi data, menyajikan data dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian ini menyatakan bahwa peran media audio visual efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, juga sebagai jalan alternatif siswa supaya lebih mudah memahami materi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Guru PAI juga diharapkan mampu lebih kreatif dalam mengajar, menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan peserta didik dan menerapkan media yang efektif dalam pembelajaran PAI
Copyrights © 2024