EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa pada Siswa Kelas X 4 SMA Negeri 4 Maros

Iasya, Firda (Unknown)
Ramadhani, Fina (Unknown)
Nasir, Nasir (Unknown)
Fitrianti, A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peneningkatan hasil belajar Informatika dengan menggunakan metode pembelajaran project based learning pada siswa kelas X.4 SMA Negeri 4 Maros. Metode penelitian yang diterapkan adalah Penilaian Tindakan Kelas (PTK), suatu pendekatan di mana guru aktif terlibat dalam penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di ruang kelas. Tujuan utama dari PTK adalah meningkatkan pencapaian belajar siswa. Dalam konteks PTK, guru mengatur kondisi pembelajaran dan mengambil pembelajaran dari pengalaman pribadinya. Mereka juga mencoba ide-ide perbaikan dalam praktik pembelajaran mereka dan mengamati dampak nyata dari upaya tersebut. Peneliti melibatkan satu kelompok dalam penelitian ini dengan menerapkan desain penelitian yang mencakup tahap pretest sebelum pemberian perlakuan, dan dilanjutkan dengan posttest untuk mengevaluasi hasil setelah perlakuan diberikan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa terjadi peningkatan sebesar 26,51% poin dalam perbandingan nilai rerata pretest (57,55%) yang tidak menggunakan metode project based learning dengan rerata posttest (84,06%) yang menggunakan metode project based learning

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...