Penelitian ini mengkaji isu-isu pokok terkait pemasaran produk-produk peternakan sapi dan kambing di Kota Bogor. Salah satu permasalahan yang ingin disolusikan adalah masih terbatasnya wilayah pemasaran karena masih kurangnya pemanfaatan sistem informasi oleh peternak. Lebih lanjut tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem informasi berbasis web untuk pemetaan lokasi penjual ternak sapi dan kambing. Harapannya dengan adanya sistem tersebut dapat meningkatkan aksesibilitas informasi bagi konsumen potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara terstruktur untuk mengumpulkan data dari peternak di Kota Bogor. Langkah-langkah penelitian melibatkan identifikasi masalah, analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem dan database, implementasi aplikasi, hingga pengujian sistem. Proses pengembangan sistem mengadopsi metode Agile Development yang memungkinkan fleksibilitas, respons cepat terhadap perubahan, dan kolaborasi dengan user. User pada sistem ini adalah peternak, calon pembeli, dan administrator  pengelola sistem. Hasil dari penelitian adalah berupa sebuah website pemetaan penjual ternak sapi dan kambing yang memungkinkan peternak menginputkan data hewan ternak yang akan dijual secara online, calon pembeli dapat melihat informasi beragam hewan ternak yang ditawarkan, dan administrator dapat mengatur beragam pengelolaan data pendukung pada sistem. Akhirnya sistem ini diharapkan dapat membantu peternak memasarkan ternaknya, meningkatkan efektivitas penjualan, dan memberikan konsumen akses informasi yang akurat. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemanfaatan teknologi informasi dalam pengembangan agribisnis peternakan, khususnya di Kota Bogor.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023