EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024)

Studi Kelayakan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah Teologi Kristen

Daik, Marlen Angela (Unknown)
Saetban, Sem (Unknown)
Leku, Desry Hawu (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka belajar merupakan besutan ide pasca kurikulum darurat yang ditetapkan sebagai solusi tentative dalam meminimalisir permasalahan pendidikan yakni learning loss pada peserta didik yang timbul akibat pandemi Covid 19 serta krisis pembelajaran yang di hadapi oleh bangsa Indonesia selama ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang studi kelayakan implementasi Kurikulum Merdeka di SMTK Benfomeni Kapan dalam rangka menjamin kesiapan dan keefektifan implementasi kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang melibatkan 6 orang seagai informannya. Teknik pengumpulan datanya meliputi wawancara, oservasi serta studi dokumentasi sedangkan teknik analisa data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penenlitian ini menunjukan bahwa kepala sekolah dalam perencanaan implementasi kurikulum merdeka belajar di SMTK Benfomeni Kapan didukung penuh oleh para tenaga pendidik dan kependidikan yang keseluruhannya smasih berusia produktif dan mampu mengadopsi kurikulum baru secara efektif. Selain itu, melalui komitmen bersama dan dukungan dana BOS, sekolah terus berupaya melengkapi fasilitas sarana dan prasarana pendidikannya. Hal ini menunjukkan bahwa SMTK Benfomeni Kapan layak dan memiliki peluang keberhasilan dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...