EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 6 (2023): December

Pondok Pesantren Modern: Politik Pendidikan Islam dan Problematika Identitas Muslim

Surya Bakti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Salminawati Salminawati (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Usiono Usiono (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Pondok pesantren merupakan tempat pendidikan tradisional dan tertua yang keberadaannya dapat dirasakan hingga saat ini. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui sudut pandang pondok pesantren modern dalam menilai dan mengamati politik serta problematika identitas muslim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literature Review, ditemukan 26 artikel yang sesuai dengan kriteria, dengan string pencarian tahun 2018 hingga 2023 namun karna keterbatasan waktu penulis membatasi untuk menganalisisnya sebanyak 7 artikel. Tantangan tunggal pesantren pada masa modern adalah adanya gesekan-gesekan globalisasi atau bisa disebut dengan tantangan modernisasi yang bersifat kompleks. Dalam menghadapi tantangan zaman, pesantren juga harus senantiasa memegang prinsip-prinsip pembaruan dengan tetap memiliki kebijaksanaan menurut ajaran Islam, memiliki kebebasan yang terpimpin, berkemampuan mengatur diri sendiri, memiliki rasa kebersamaan yang tinggi, menghormati orang tua dan guru, cinta kepada ilmu, mandiri dan sederhana. Kesedian pesantren dalam membuka diri untuk menerima lembaga- lembaga modern merupakan harapan besar untuk memajukan pendidikan Islam dalam rangka merespon tantangan globalisasi yang dinahkodai oleh kaum sekuler.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...