EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024)

Strategi Penerapan Multiple Intelligences pada Pembelajaran di Sekolah

Rismawati, Rifka (Unknown)
Paais, Reinhard Leonardo (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2024

Abstract

Teori multiple intelligences sangat penting diterapkan pada pembelajaran karena dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik secara holistik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi terkait strategi penerapan multiple intelligences dalam pembelajaran di sekolah pada setiap jenjang pendidikan. Metode penelitian menggunakan Systematic Literature Review (SLR) dengan sumber kajian melalui artikel-artikel jurnal yang diperoleh dari Google Schoolar. Proses screening menghasilkan 5 artikel relevan untuk menjawab tujuan penelitian yang dikemudian dikaji dan dianalisis secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa strategi penerapan multiple intelligences yang dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran, yaitu: 1) mengidentifikasi kecerdasan mereka melalui tes, observasi perilaku, dan data personal; 2) menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); dan 3) menciptakan variasi dalam pembelajaran melalui penggunaan media, strategi, metode, model pembelajaran, serta pengembangan evaluasi autentik. Strategi penerapan multiple intelligences ini dapat menjadi referensi yang baik bagi guru untuk diterapkan pada pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...