EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024)

Penerapan Aplikasi Fyrebox sebagai Instrumen Penilaian Evaluasi Siswa Sekolah Dasar

Syarifah, Atiyatus (Unknown)
Sa’adah, Endah Nikmahtus (Unknown)
Qotrunnada, Elfia (Unknown)
Aziz, Achmad As’ad Abd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Pengembangan aplikasi Fryebox berbasis evaluasi untuk pembelajaran fiqih materi thaharah bab whudhu kelas 1 SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan 4D (Define, Design, Develop). Tahap pendefinisian dilakukan untuk mengumpulkan informasi awal terkait permasalahan pembelajaran, seperti tinjauan kurikulum, karakteristik peserta didik, materi, dan tujuan pembelajaran. Tahap perancangan melibatkan penyusunan tes kriteria, pemilihan media, dan rancangan awal produk. Tahap pengembangan dilakukan melalui penilaian oleh para ahli dan revisi untuk menghasilkan bentuk akhir aplikasi Fryebox. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Fryebox memiliki kevalidan dan kelayakan yang baik berdasarkan penilaian para ahli. Aplikasi ini diharapkan dapat memanfaatkan media dalam pemecahan masalah bagi peserta didik, memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi materi secara mandiri, dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pengembangan aplikasi Fryebox ini merupakan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan peserta didik pada era abad 21.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...