Presentasi kelompok dalam dunia kampus hususnya fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan ialah merupakan bagian dari latihan mengajar untuk calon pendidik, karena dalam presentasi ialah dilakukan tidak hanya dalam satu arah akan tetapi melibatkan antara presenter dan peserta, ice breaking menjadi strategi yang sering diterapkan dalam presentasi kelompok untuk menunjang semangat dan konsentrasi belajar. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagai mana implementasi ice breaking dalam presentasi kelompok terhadap penjunjang semangat dan konsentrasi belajar mahasiswa, Penelitian field research ini menggunakan data deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui Observasi Partisipan, Wawancara, dan Dokumentasi, dari data yang didapat oleh peneliti maka ditindak lanjuti dengan analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (kesimpulan). Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) implementasi ice breaking dalam presentasi kelompok dapat dilaksanakan pada saat awal,tengah dan akhir dalam presentasi dan jenis-jenis ice breaking yang diterapkan ialah seperti tes konsentrasi, yel-yel, game, penyemangat dan semacamnya. (2) Peran dari implementasi ice breaking ialah dapat membuat suasana menjdi menyenangkan, sehinggah mahasiswa tidak merasabosan dan mengantuk sehinggah dapat menunjang semangat dan konsentrasi belajar.
Copyrights © 2023