Pentingnya menggunakan media pembelajaran untuk generasi alpha dapat dilihat dari tuntutan zaman yang semakin serba digital, di mana teknologi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam aktivitas keseharian. Media pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi mampu memfasilitasi pengajaran yang lebih menarik dan cocok dengan gaya belajar generasi alpha yang dominan dengan penggunaan teknologi. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan media pembelajaran literacy cloud terhadap minat baca dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 4. Populasi dalam penelitian ini melibatkan total 749 siswa kelas 4 yang berada di gugus 056. Sampel nya terdiri dari 70 siswa di SDN Buaran Mangga II dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melibatkan angket, tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan literacy cloud berpengaruh positif terhadap peningkatan minat baca dan keterampilan membaca pemahaman siswa, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Implikasi penelitian ini memberikan wawasan kepada guru dan sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan literacy cloud sebagai sumber rujukan yang berharga. Penelitian ini juga berkontribusi pada pemahaman tentang efektivitas literacy cloud sebagai media pembelajaran dalam konteks pendidikan, memberikan dasar bagi pengembangan kebijakan pendidikan berorientasi teknologi, dan memberikan panduan praktis bagi guru dalam meningkatkan minat baca dan keterampilan membaca pemahaman siswa.
Copyrights © 2024