EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Kelas I Sekolah Dasar

Rahmi, Nadia (Unknown)
Lailatussyifa, Lailatussyifa (Unknown)
Umayroh, Rizky (Unknown)
Husna, Nurul Shadrina (Unknown)
Octaviani, Rani (Unknown)
Amaliya, Nashiroh Dini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Permasalahan yang menjadi polemic dalam pendidikan di Indonesia, salah satunya pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dan keadaan peserta didik khusunya pada mata pelajaran  Bahasa Indonesia di tingkat SD/MI, kesulitan yang dihadapi guru dalam memahami dunianya peserta didik sehingga pembelajaran yang masih  terkesan membosankan. Tujuan penelitian kami adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman guru dalam menerapakan model pembelajaran khususnya pada model pembelajaran discovery learning yang dilakukan di Yayasan Pendidikan Al-Abbas dan sejauh apa peningkatan yang terjadi terhadap peserta didik. Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang dimana subjek penelitian ini seluruh siswa kelas I di Yayasan Pendidikan Al-Abbas. Data yang diperoleh yaitu melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model  discovery learning  dikelas I Yayasan Pendidikan Al-Abbas dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca nyaring yang terbukti dengan aktifnya peserta didik dalam pembelajaran, dapat menjawab pertanyaan serta memahami bacaan, karena model discovery learning  yang digunakan sesuai sintaks pembelajarannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yakni membaca nyaring yang dibuktikan dengan aktifnya peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...