Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa yang melaksanakan perkulihan luring pada mata kuliah Pendidikan IPS SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu teori Miles dan Huberman yang tahapannya terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan data yang terkumpul valid maka perlu adanya triangulasi. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian diharapkan dapat bermanfaat untuk pengambilan kebijakan mengenai strategi pembelajaran yang tepat untuk mahasiswa PGSD pada mata kuliah Pendidikan IPS SD.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa lebih senang melaksanakan perkuliahan luring daripada perkuliahan daring. Hal tersebut dikarenakan mahasiswa merasa perkuliahan luring jauh lebih efektif daripada perkuliahan luring terkhusus pada proses perkuliahan Pendidikan IPS SD. Perkuliahan IPS SD lebih tepat menggunakan perkuliahan luring sehingga dapat mempermudah mahasiswa ketika ingin menyampaikan pendapat, bertanya, meminta konfirmasi dan membentuk kepekaan sosial dan keterampilan sosial melalui interaksi dengan dosen maupun sesama mahasiswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024